21/01/12

akibat buruk headpone

BAGI sebagian besar orang, hidup tanpa musik terasa hampa. Jalannya waktu tak lagi lambat manakala aktivitas ditemani musik. Tak ayal, banyak dari mereka mendengarkan musik melalui headphone di perjalanan ke kantor, maupun pulang ke rumah.

Namun perlu diperhatikan, pemakaian headphone terlalu lama bisa berubah menjadi musuh. Lebih dari dua jam digunakan untuk mendengarkan musik bisa memicu gangguan pendengaran.

“Dibandingkan kita mendengarkan musik dari radio di kejauhan, penggunaan headphone memungkinkan suara yang masuk ke telinga lebih besar. Semakin sering kita pakai headphone berlama-lama dengan volume tinggi, maka ancaman gangguan pendengaran makin besar,” tutur Drs Anton Subarto Dipl Aud–Audiologist pada acara “Peluncuran Widex Clear440” di Pusat Alat Bantu Dengar Melawai, Jalan Melawai Raya Nomor 192, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Suara yang masuk ke telinga melalui headphone diperkirakan memiliki kekuatan 90 decibel. Belum lagi hentakan musik keras lambat laun akan merusak rumah siput - berfungsi untuk mengubah gelombang suara menjadi sinyal elektrik yang dimengerti otak.

“Kalau rumah siput sampai rusak, maka tidak akan bisa diperbaiki lagi. Untuk itu, pemakaian headphone untuk mendengarkan musik sebaiknya dibatasi,”

Tidak ada komentar: