29/03/12

Ajang pertarungan Indonesia vs malaysia

ndonesia dan Malaysia akan beradu gengsi sebagai kekuatan utama di olahraga bulutangkis dunia dengan memperebutkan gelar juara Turnamen bulu tangkis Axiata Cup 2012.

Axiata Cup merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu putra baru di tingkat regional Asia Tenggara yang digagas Axiata Group. Penyelenggaraan dilakukan di Indonesia dan Malaysia pada 23 Maret hingga 15 April 2012.

Di Indonesia, pertandingan akan dimainkan di Tennis Indoor Senayan dan Sport Mall Kelapa gading, sedangkan Malaysia menyelenggarakan di Stadium Badminton Cheras Kuala Lumpur.

Kejuaraan beregu putra itu mengikuti format Piala Thomas dan Sudirman Cup dengan peserta enam negara Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Singapore, Thailand, dan Filipina.
Indonesia dan Malaysia merupakan dua kekuatan utama di olahraga bulutangkis alias tepokbulu. kedua negara, bersama China dan Korsel serta Denmark merupakan negara-negara yang langganan juara dunia.
Setiap kali Piala Thomas, partai Indonesia versus Malaysia selalu seru dan penuh bumbu-bumbu intrik, layaknya pertarungan Jerman vs Belanda atau Brasil vs Argentina di sepak bola.

Indonesia menurunkan peraih tiga medali emas olimpiade Taufik Hidayat dan ganda terkuat Markis Kido-Hendra Setiawan dalam Tim Indonesia Garuda.

Indonesia juga menurunkan Tim Indonesia Rajawali yang akan diperkuat Juara SEA Games Simon Santoso serta juara Asia Sony Dwi Kuncoro dan ganda Bona Septano-Mohammad Ahsan.

Malaysia mengandalkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dan juara ganda putra Asia Koo Kien Keat-Tan Boon Heong, dalam Tim Malaysia Tigers.

Filipina memanfaatkan format kejuaraan yang mengizinkan setiap tim untuk menggunakan pemain asing. Filipina mengontrak pemain ganda asal Denmark, Mathias Boe, yang pernah menduduki peringkat satu dunia bersama Carsten Mogensen.

Mathias Boe dan Marc Zwiebler akan menjadi tulang punggung Tim Filipina yang menurunkan pemain terbaiknya Antonio Benjamin Gadi, Paul Jefferson Vivas dan Ronel Estanislao.

Thailand mengutus Boonsak Ponsana yang pernah menduduki peringkat keempat dunia, dibantu para pemain muda seperti Suppanyu Avihingsanon dan Pisit Poodchalat.

Vietnam mengandalkan Nguyen Tien Minh yang pernah mengalahkan Taufik Hidayat dan Lee Chong Wei. Singapura akan menurunkan Chayut Triyachart dan Robin Gonansa, Ashton Chen, serta Derek Wong.

Tidak ada komentar: